Hempas Rasa Cemas dan Galau dengan Latihan Mindfulness, Gini Caranya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 12 Desember 2022 | 22:15 WIB
Ilustrasi galau (freepik.com)

CewekBanget.ID - Perasaan cemas dan galau bisa menghampiri kita kapan saja, terutama di waktu-waktu yang memang memicu rasa khawatir dan waswas.

Pada batas tertentu, cemas dan galau adalah perasaan yang wajar dan akan berlalu pada akhirnya.

Tapi enggak jarang, kecemasan bertahan selama beberapa saat dan sampai mengganggu aktivitas kita, khususnya karena kita jadi sulit fokus akibat dilanda cemas berlebihan.

Kita enggak bisa membiarkan kecemasan terus-menerus menguasai kita.

Belakangan ini, salah satu cara yang dipercaya dapat membantu mengatasi kecemasan dan galau berlebihan adalah dengan latihan mindfulness.

Kayak gimana caranya? Lalu, adakah cara lain untuk membatasi kecemasan agar enggak sampai mengganggu kita?

Membatasi Kecemasan

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk membatasi kecemasan adalah dengan mengurangi frekuensi membaca media sosial.

Seringkali, media sosial menjadi sumber kecemasan baru dengan berbagai informasi yang berpusar cepat tanpa batas yang jelas antara fakta dan fiksi.

Selain itu, melakukan hobi yang menyenangkan seperti membaca, menonton serial favorit, bersepeda, atau berjalan-jalan di taman juga bisa meningkatkan rasa tenang.

Pokoknya, kunci membatasi kecemasan ada pada prioritas kita terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan mental kita, karena kecemasan yang enggak ditangani dapat masuk ke alam bawah sadar dan terpendam di sana sampai tiba waktunya untuk 'meledak'.

Baca Juga: Gejalanya Terasa oleh Tubuh, Ini 5 Tanda Kita Alami Kecemasan!