Gangguan Kesehatan Mental Bisa Dialami Siapa Saja, Simak Tips Pencegahannya!

By Elizabeth Nada, Senin, 16 Oktober 2023 | 15:20 WIB
Stres (Johnson and Johnson)

CewekBanget.ID - Layaknya kesehatan fisik, kesehatan mental jadi salah satu yang enggak boleh kita abaikan, ya.

Dalam beberapa tahun terakhir, isu terkait kesehatan mental pun kian menjadi perhatian publik.

Dilansir dari press release Halodoc, kesehatan jiwa atau yang sering disebut kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan yang berkaitan dengan psikologis, emosional dan sosial seseorang.

Gangguan kesehatan mental enggak hanya berpotensi dialami generasi Z.

Menurut World Health Organization (WHO) di tahun 2019, secara global 1 dari 8 orang di dunia mengalami masalah kesehatan mental, lho!

Yup, gangguan kesehatan mental memang bisa dialami oleh semua usia, dari remaja hingga dewasa.

Untuk itu penting bagi kita buat menjaga kesehatan mental, seperti yang disampaikan olehe Medical Manager Halodoc, dr. Monica C. Dewi.

"Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Gangguan kesehatan mental memiliki gejala-gejala awal yang kita perlu sama-sama sadari dan tindak lanjuti untuk deteksi dini," ujar dr. Monica seperti dilansir dari press release yang diberikan.

Dokter Monica pun menjabarkan gejala ataupun gangguan kesehatan mental dapat terjadi di berbagai kalangan dengan beberapa faktor.

Misalnya yang umum dialami seperti perasaan tertekan, cemas hingga tegang yang membuat seseorang menjadi stres dan menuntut tubuh untuk melakukan penyesuaian.

Ketika gejala tersebut mulai mengganggu aktivitas dan produktivitas kita, maka sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada tenaga medis profesional ya, girls.

Baca Juga: Coba 4 Cara Rileks Instan Buat Atasi Penat dan Stres (Part 2)