Tetap Waras, Ini 3 Hal Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mental Kita

By Marcella Oktania, Sabtu, 6 Januari 2024 | 06:30 WIB
ilustrasi masalah mental (prevention.com)

CewekBanget.ID - Kalau dulu kesehatan mental dianggap enggak penting, sekarang enggak bisa dimungkiri kalau kesehatan mental jadi salah satu hal penting yang juga perlu dijaga kesehatannya.

Ini penting, karena kesehatan mental yang dibiarkan begitu aja bisa bikin kita kehilangan motivasi, sakit secara fisik, rasa malas yang berlebihan, bahkan kehilangan keinginan untuk melanjutkan hidup.

Makanya penting untuk menjaga kesehatan mental kita dengan baik.

Namun kalau merasa menulis diari, meditasi, atau ke psikolog terlalu berat, kita bisa coba lakukan 3 hal mudah ini untuk menjaga kesehatan mental kita!

1. Beraktivitas fisik dan olahraga

Aktivitas fisik dan olahraga ternyata bisa meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif yang juga bisa langsung berpengaruh terhadap menurunkan risiko anxiety dan depresi, lho.

Kita juga bakal lebih gampang tidur dan meningkatkan kualitas hidup secara sepenuhnya, sehingga kesehatan mental bakal lebih baik.

Akan jauh lebih baik lagi kalau aktivitas fisik dan olahraga yang kita lakukan di outdoor, karena kita bisa sekalian mendapatkan vitamin D yang juga bikin mood kita lebih baik.

Rekomendasi waktu olahraga buat kita yang sudah dewasa adalah 150 menit per minggu untuk intensitas cardio sedang atau 75 menit per minggu untuk intensitas cardio tinggi.

Jangan lupa juga untuk menambahkan 2 hari dalam seminggu untuk fokus pada latihan kekuatan (strength training).

Baca Juga: Terungkap! Ini 2 Masalah Mental Paling Sering Terjadi di Dunia

2. Komunikasi dengan orang lain

Punya komunikasi dan bertemu orang lain itu penting, karena bisa meningkatkan kesehatan mental, kepuasan hidup, dan kualitas hidup kita.