Curhat Dian, Cewek yang Divonis Kanker Payudara Stadium 3 di Usia 26 Tahun

By Indah Permata Sari, Kamis, 25 Januari 2018 | 04:15 WIB
(Indah Permata Sari)

Girls, pernah enggak terbayang olehmu ketika kamu merasa dirimu sehat-sehat saja namun tiba-tiba mendapat vonis menderita kanker payudara langsung stadium 3?

Kita mungkin akan ngeri membayangkannya namun ini sungguhan terjadi sama cewek periang bernama Dian.

Cewek dengan nama lengkap Radian Nyi Sukmasari ini usianya baru menginjak 26 tahun namun dia harus menelan pil pahit ketika dokter memberikannya vonis sakit kanker payudara stadium 3.

Yuk kita cari tahu durhatan Dian yang bikin kita sedih namun sosoknya inspiratif!

“Di sekitar bulan Mei 2017, aku lagi mandi dan ngerasa ada benjolan gede di payudara sebelah kanan. Lalu benjolan itu aku periksakan di USG ukurannya sekitar 2 cm.

Pas itu barengan juga dengan gula darahku yang tinggi. Jadi awalnya dokter bilang kalau aku kena diabetes dan dia bingung, soalnya aku masih muda dan jarang anak muda yang kena cancer.

Lalu aku diminta untuk mengelola gula darah sekitar bulan Juni dan diminta untuk kontrol lagi bulan Desember. Selama berjalan dari Juni ke Desember itu gula darahku sudah stabil dan saat itu benjolannya terasa membesar namun engggak nyeri.

Tapi pas di awal bulan Desember udah berasa kok agak nyeri ya, apalagi kalau lagi mau menstruasi itu tambah nyeri banget. Akhirnya di Desember itu aku kontrol lagi, USG juga dan ukurannya udah bertambah dari yang awalnya ukuran 2 cm udah jadi 4 cm.

Abis itu dokter minta aku untuk melakukan open biopsy tapi pakai operasi untuk diambil sample-nya. Operasinya tanggal 12 Desember dan seminggu kemudian hasilnya keluar dan hasilnya positif kanker Stadium 3 B setelah dilakukan PET Scan.”

“Keluarga kaget lah pasti ya. Apalagi umur 26 kan masih muda banget. Teman-teman juga kaget banget karena sejak Desember dapet diagnosis aku masih kerja dan tertawa lepas, dan aku umpetin aja sih.