Sering Merasa Cemas? Lakukan 9 Aktivitas Ini untuk Mengatasinya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 9 Januari 2021 | 17:00 WIB
Drama 'Run On' (foto : JTBC via Hancinema)

CewekBanget.ID - Lika-liku yang kita alami sepanjang tahun 2020 lalu dengan berbagai permasalahannya, mulai dari bencana alam hingga pandemi, mungkin meningkatkan kecenderungan kita untuk merasa cemas.

Perasaan sedih, cemas, hingga kombinasi dari semua rasa tersebut wajar kok, girls.

Menyertai hal itu, ada banyak cara untuk merasa segera lebih baik, termasuk teknik hyperfixation atau istilah saat kita merasa 'tenggelam' dalam beberapa aktivitas sehingga kita dapat meredakan atau mengesampingkan rasa cemas untuk beberapa waktu.

Pada dasarnya, hyperfixation adalah cara untuk membawa pikiran pergi dari apapun yang sedang mengganggu kita lewat berfokus ke momen nyata saat ini.

Teknik ini bisa sangat membantu ketika kita sedang menghadapi ketidakpastian atau situasi di mana kita enggak punya kontrol banyak di dalamnya, selama kita enggak melakukan hal tersebut untuk sepenuhnya menghindari dunia luar atau menumpulkan perasaan kita sendiri.

Beberapa kegiatan berikut ini mungkin bisa membantu kita mengatasi kecemasan, nih!

Baca Juga: Perasaan Cemas Bisa Lebih Menyehatkan Dibanding Cuek? Kok Bisa?

Membaca Buku

Ilustrasi membaca

Membaca buku bisa sangat membuat kita berfokus pada para karakter dan plot hingga lupa pada apa yang terjadi dalam hidup.

Pengalaman penuh sensor dalam membolak-balikkan lembaran kertas, dan membaca setiap kata dalam buku bisa membantu kita terjaga dalam momen nyata saat ini.

Kita bisa memilih bacaan yang ringan atau sesuai selera kita kalau enggak pengin malah terbebani dengan alur yang rumit dan gelap.